A. Pengertian CIBI
Anak cerdas istimewa merupakan anak dengan intelektual yang di atas rata-rata yang dimulai dari sejak lahir, dengan demikian diharapkan agar anak dapat menggunakan intelektual yang dimilikinya dalam meraih prestasi yang tinggi.
Sedangkan bakat merupakan kemampuan alami yang luar biasa, yang diperoleh dari kombinasi sifat-sifat yang meliputi kapasitas intelektual, kemauan yang kuat untuk mengembangkan kemampuan, dan unjuk kerja. Pada umumnya bakat istimewa (talent) diartikan sebagai kemampuan khusus yang merupakan faktor bawaan.
Anak CIBI cenderung memiliki kelebihan menonjol dalam kosakata dan menggunakannya secara luwes, memiliki informasi yang kaya, cepat dalam menguasai bahan pelajaran, cepat dalam memahami hubungan antar fakta, mudah memahami dalil-dalil dan formula-formula, tajam kemampuan analisisnya, membaca banyak bahan bacaan (gemar membaca), peka terhadap situasi yang terjadi di sekelilingnya, kritis dan memilik rasa ingin tahu yang besar.
B. Kebutuhan Pendidikan
Anak yang tergolong mempunyai kecerdasan istimewa dan bakat istimewa memerlukan layanan-layanan khusus yang berbeda dengan anak lainnya. Layanan-layanan tersebut yaitu :
a. Kelas khusus paruh waktu (part time special class)
b. Belajar mandiri (independent study)
c. Ruang sumber (resource room)
d. Guru bantu (intenerant) atau pembimbing khusus (consulting teacher)
e. Keanekaragaman yang ditemui diantara anak-anak termasuk anak berbakat mencerminkan jenis dan jumlah adaptasi yang perlu diadakan sekolah untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.
Oleh karena potensi yang dimiliki anak berbakat sedemikian hebatnya jika dibandingkan dengan anak biasa maka untuk mengembangkan potensinya mereka membutuhkan hal-hal berikut ini.
a. Anak berbakat membutuhkan peluang untuk mencapai aktualisasi potensinya
melalui penggunaan fungsi otak yang efektif dan efisien.
b. Membutuhkan peluang untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak lainnya
agar mempunyai tingkat penyesuaian dan adaptasi yang tinggi pula.
c. Membutuhkan peluang untuk mengembangkan kreativitas dan motivasi
internal untuk belajar berprestasi karena usaha pengembangan anak berbakat tidak semata-mata hanya pada aspek kecerdasan saja.
C. Rancangan Media
1. Nama media : Stiker Ajaib
Stiker ajaib adalah sebuah media pendukung pembelajaran, dimana stiker ini didesain agar gambarnya dapat discan dengan aplikasi di android, media ini berbasis augmented reality (AR) yang ketika android kita diletakkan didepan stiker akan memproses gambar yang nantinya keluar sesuatu, misalnya gambar 2D, 3D, game, animasi, soal, dan lain sebagainya.
2. Jenis media : audio, visual (2D dan 3D), text, video
3. Alat dan bahan :
- Kertas stiker
- Hp Android
- Aplikasi AR untuk menscan
- Desain gambar untuk stiker
- Desain AR untuk stiker (bisa gambar 2D/ 3D)
- Isi materi
4. Penjelasan dan petunjuk penggunaan media
Petunjuk umumnya yaitu stiker ini ditempel di beberapa tembok kelas, media ini bisa digunakan sebagai pendukung media bukan sebagai media utama. Ketika anak sudah selesai mengerjakan tugas atau soal yang diberikan guru dikelas, media ini dapat membantu mengalihkan kegaduhan kelas, mereka dapat bermain, belajar lagi, mengerjakan soal singkat dengan stiker ajaib ini.
Terdapat 4 stiker disetiap sudut kelas, misalnya stiker 1 ketika android diarahkan ke stiker ini akan muncul game menekan balon dengan cepat sesuai bunyi yang diucapkan di handphone dengan bahasa inggris. Stiker 2 dapat berisi video pembelajaran tentang materi tertentu yang sekiranya paling sukar, disini bisa video eksperimen atau contoh konkret. Stiker 3 dapat berisi soal-soal singkat tentang tebakan sebuah gambar dan menyusun nama nama dari gambar tersebut, gambar disini tidak gambar biasa tetapi gambar yang sudah dirangkai dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan. Stiker 4 dapat berisi cerita kisah nabi/ tokoh penting secara rinci tetapi singkat dengan audio, lalu anak disuruh menjelaskan ulang. Disalah satu stiker bisa ditambahkan sebuah opsi untuk menambahkan 2/ lebih anak agar bisa bermain dan belajar bersama.
Tentunya semua game ataupun isi dari media ini harus disesuaikan dengan kecerdasaan dan bakat anak masing-masing agar media pendukung ini dapat dimaksimalkan dengan baik, tidak hanya untuk perkembangan kognitif tetapi afektif dan psikomotor agar anak lebih mudah dalam adaptasi lingkungan sosia
5. Manfaat media
- Mengembangkan kreativitas anak dalam berpikir
- Mengurangi jam kosong dikelas ketika anak sudah selesai mengerjakan tugas, karena anak CIBI lebih cepat mengerjakan sesuatu daripada anak normal. Jadi media ini dapat dimanfaatkan di waktu-waktu tertentu.
- Meningkatkan motivasi belajar, karena pasti siswa ingin segera cepat-cepat selesai tugas nya untuk bermain dan melakukan hal yang dianggap menarik.
- Merangsang anak untuk berpikir lebih dalam meyelesaikan sesuatu.
- Menciptakan pembelajaran tanpa tekanan dan hukuman.
Komentar
Posting Komentar